C. Massa Jenis Zat


Coba kamu lemparkan sebatang besi dan sebatang kayu yang berukuran sama ke kolam. Kamu akan melihat bahwa besi akan tenggelam, sedangkan kayu akan tetap terapung. Walaupun volume kedua benda tadi sama, keadaan yang terjadi pada keduanya berbeda. Mengapa demikian?

Massa jenis benda adalah massa per satuan volume benda tersebut. Satuan SI untuk massa jenis adalah kilogram per meter kubik (kg/m3). Massa jenis objek yang mengapung di permukaan air lebih kecil daripada massa jenis air.

Ayo Coba 3.4

Tujuan

Menentukan massa jenis suatu benda

Alat dan bahan

Macam-macam kubus dari bahan yang berbeda, neraca, dan penggaris

Cara kerja

1. Timbanglah kubus dengan menggunakan neraca.

2. Ukur panjang setiap sisi kubus dengan penggaris dan tentukan volume kubus tersebut.

3. Masukkan hasil pengukuran ke dalam tabel hasil pengamatan. Ulangi untuk kubus dari bahan yang berbeda.

Pertanyaan

1. Apakah nilai (massa/volume) masing-masing benda sama?

2. Disebut apakah pada kolom (massa/ volume)?

3. Apakah kesimpulan dari kegiatan di atas?

1. Mengukur Massa Jenis Zat Padat

Untuk menentukan massa jenis suatu zat padat, langkah pertama adalah menimbang massa zat padat tersebut. Kemudian, volume zat padat ditentukan dengan cara me- masukkannya ke dalam gelas ukur yang sudah berisi air dalam jumlah tertentu. Setelah itu, permukaan air dalam gelas ukur akan naik. Selisih antara tinggi permukaan air sesudah dan sebelum dimasukkan zat padat merupakan volume zat padat tersebut.

2. Mengukur Massa Jenis Zat Cair

Untuk menentukan massa jenis suatu cairan, langkah awalyang perlu dilakukan adalah menimbang massa gelas ukurkosong, misalnya terukur 155 g. Kemudian, isilah dengan cairanyang akan ditentukan massa jenisnya sampai volume tertentu, misalnya 100 cm Setelah terisi cairan, timbang kembali gelas ukur tersebut beserta isinya, misalnya terukur 255 g. Dengan demikian, dapat diperoleh massa jenis cairan tersebut adalah (255 – 155) g : 100 cm

= 1,0 g/cm.

3. Mengukur Massa Jenis Gas

Dalam menentukan massa jenis suatu gas, kita me- merlukan bola kaca khusus untuk menimbang gas. Jika tidak tersedia, kita dapat menggunakan siring jarum suntik yang telah dimodifi kasi. Mula-mula, siapkan ruang vakum dengan volume tertentu di dalam siring. Lalu, massa siring yang memiliki ruang vakum tersebut ditimbang. Selanjutnya, ruang hampa dalam siring diisi dengan gas yang akan di- tentukan massa jenisnya. Siring yang telah berisi gas tersebut ditimbang massanya. Selisih massa siring antara sebelum dan sesudah diisi gas merupakan massa gas. Volume gas adalah volume ruang hampa yang terdapat dalam siring.

About these ads

One response to this post.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: