Gerak Lurus


Hasil yang harus kamu capai:

memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

Setelah mempelajari bab ini, kamu harus mampu:

menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tuhan telah menciptakan alam semesta dan segala isinya ini dengan sempurna untuk kepentingan kesejahteraan manusia. Salah satunya adalah gerakan Bumi mengelilingi Matahari sehingga kamu dapat melihat Matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat. Begitu pula benda-benda langit lainnya, segala yang ada di alam semesta ini untuk selalu bergerak. Gelombang di lautan ataupun kulit Bumi yang kamu pijaki ini pun selalu bergerak. Bagaimanakah gerakannya? Apakah kamu pernah melihat benda lainnya bergerak? Coba kamu perhatikan alat-alat transportasi darat, misalnya kereta api. Bagaimana gerakan kereta api tersebut di atas lintasannya? Kereta api merupakan alat transportasi yang lintasan geraknya relatif lurus. Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus? Untuk memahaminya, pelajari materi pada bab ini dengan saksama.

Tes Materi Awal

Pikirkan jawaban pertanyaan berikut sebelum kamu membaca uraian materi bab ini. Kemudian, periksa kembali jawabanmu setelah kamu selesai membaca uraian bab ini. Apakah ada yang harus diperbaiki dengan jawaban tersebut?

1. Suatu benda dapat dikatakan bergerak terhadap suatu acuan. Namun, pada saat bersamaan benda tersebut dikatakan diam terhadap suatu acuan lain. Mengapa demikian?

2. Salah satu penggolongan gerak adalah berda- sarkan lintasannya. Tuliskan jenis gerak yang kamu ketahui.

A. Pengertian Gerak

Apabila kamu berdiri di pinggir jalan sambil memerha- tikan kendaraan yang lewat, kamu dapat mengatakan bahwa kendaraan tersebut bergerak. Akan tetapi, apakah pengemudi yang berada di dalam kendaraan itu juga akan mengatakan bahwa dirinya bergerak terhadap mobilnya? Apakah penumpang yang duduk di kursinya bergerak terhadap pengemudi? Tentu tidak, jarak antara pengemudi dan penumpang tidak berubah. Jadi, apakah pengertian gerak itu?

Oleh karena itu, untuk men defi nisikan suatu benda bergerak kamu memerlukan suatu titik sebagai acuan pengamatan atau disebut titik acuan. Pada kegiatan tersebut, C dan B bergerak terhadap A karena A dianggap sebagai titik acuan, sedangkan B tidak bergerak terhadap C jika C dianggap sebagai titik acuan. Setiap benda yang bergerak mengalami perubahan kedudukan terhadap titik acuan tertentu.

1. Gerak Relatif

Suatu benda yang dikatakan bergerak terhadap suatu titik acuan, belum tentu dikatakan bergerak terhadap titik acuan lain. Pada Ayo Coba 7.1, B dikatakan bergerak terhadap A, namun B tidak bergerak terhadap C. Dengan demikian, gerak bersifat relatif, bergantung pada siapa atau di mana titik acuan yang digunakan.

2. Gerak Semu

Pernahkah kamu naik kereta api? Ketika kamu naik kereta api, lalu melihat keluar jendela, kamu akan melihat segala sesuatu yang ada di pinggir jalan tampak bergerak. Apakah sesungguhnya benda-benda itu bergerak?

Sesungguhnya, semua itu tidaklah bergerak, tetapi seolah- olah bergerak. Benda yang bergerak adalah kamu dan kereta api. Gerak semacam ini disebut gerak semu. Kejadian yang sama terjadi pada Matahari yang seolah-olah bergerak dari timur ke barat setiap harinya, padahal sebenarnya Bumilah yang bergerak. Jadi, sebuah benda dikatakan bergerak semu jika benda tersebut seolah-olah bergerak ketika diamati oleh pengamat yang bergerak.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: