Kompas

Pernahkah kamu menggunakan kompas untuk menentukan arah? Jika kamu pernah menggunakan kompas, kamu mengetahui bahwa jarum kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan.

Jarum kompas berupa magnet. Jarum ini memiliki kutub utara dan selatan. Medan magnet bumi mengerjakan gaya magnet kepada jarum kompas. Kutub utara jarum

kompas menunjuk ke arah kutub utara geografis bumi. Namun apakah kutub utara geografis juga merupakan kutub utara magnet Bumi? Seperti yang telah kamu pelajari, kutub magnet yang senama tolak-menolak dan yang tak senama tarik-menarik.

Jadi, yang ditunjuk oleh kutub utara jarum kompas sebenarnya adalah kutub selatan magnet bumi. Sedangkan yang ditunjuk oleh kutub selatan jarum kompas sebenarnya kutub utara magnet bumi.

Kutub-kutub magnet bumi sebenarnya tidak tepat berimpit dengan kutub-kutub geografisnya. Kutub selatan magnet Bumi ternyata terletak di daerah Kanada bagian utara, sekitar 1500 km dari kutub utara geografis. Sedangkan kutub utara magnet Bumi terletak di dekat Lingkar Antartika. Oleh karena itu, ketika kita menggunakan kompas, jarum kompas tidak tepat benar menunjuk arah utara selatan, namun agak menyamping. Sudut yang dibentuk antara jarum kompas dengan arah utara selatan geografis disebut sudut deklinasi.

Di daerah khatulistiwa sudut deklinasi hampir nol. Namun semakin dekat ke kutub, sudut deklinasi ini semakin besar. Kamu telah mengetahui bahwa bumi dapat dipandang memiliki magnet batang raksasa yang terkubur di dalamnya.

Jika demikian, maka kutub-kutub magnet bumi juga terletak di dalam bumi. Akibatnya posisi jarum kompas tidak tepat mendatar, tapi membentuk sudut. Sudut yang dibentuk antara jarum kompas dengan permukaan bumi disebut sudut inklinasi. Sudut inklinasi tidak sama untuk berbagai belahan bumi. Di daerah khatulistiwa, sudut inklinasinya kecil. Jika semakin dekat dengan kutub magnet bumi, maka sudut inklinasinya membesar. Tepat di daerah kutub magnet bumi (misalnya di Kanada bagian utara), sudut inklinasinya paling besar, dan bahkan jarum kompas hampir tegak lurus dengan permukaan bumi.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: