D. Pemuaian Zat

Pada umumnya, peningkatan suhu suatu zat akan diiringi oleh peningkatan volume zat, yang disebut pemuaian. Seperti telah dipelajari sebelumnya, setiap zat baik berwujud padat, cair, maupun gas tersusun atas partikel-partikel terkecil yang dapat berupa atom, ion, atau molekul. Peristiwa pemuaian suatu zat bukan disebabkan oleh ukuran partikel terkecil penyusun zat yang bertambah besar ukurannya. Akan tetapi, akibat jarak antarpartikelnya yang semakin besar.

Akibat pertambahan volume, massa yang dimiliki zat untuk setiap ukuran volume tertentu akan menurun. Dengan kata lain, pemuaian suatu zat akan mengakibatkan turunnya atau berkurangnya massa jenis zat tersebut. Peristiwa pemuaian dapat terjadi pada setiap wujud zat baik padat, cair, maupun gas. Gambar 3.9adalah contoh pemuaian yang terjadi karena adanya panas matahari.Perhatikanlah kabel listrik yang terbentang di pinggir jalan pada siang hari. Apakah yang dapat kamu amati? Jika kita perhatikan dengan saksama, kabel listrik pada siang hari akan mengendur. Tahukah kamu penyebabnya? Sementara itu, pada malam hari udara lebih dingin sehingga kabel listrik tidak akan mengendur seperti halnya pada siang hari. Perhatikanlah Gambar 3.10.Pada gambar tersebut, tampak kabel listrik pada malam hari mengalami pengerutan.Mengapa terjadi demikian?

Penurunan suhu suatu zat umumnya akan diikuti oleh penurunan volume zat, yang disebut pengerutan. Pada saat suhu zat turun, kecepatan gerakan partikel-partikel terkecil suatu zat akan turun sehingga jarak antarpartikelnya mengecil. Penurunan ruang antarpartikel tersebut tidak dapat dilihat karena terlalu kecil untuk diamati, bahkan dengan bantuan mikroskop tercanggih. Namun, buktinya dapat dilihat dengan adanya penurunan volume zat saat suhunya turun.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: